Portal Berita Papua Barat

540 Guru Di Wondama Terancam Kehilangan Hak Mengajar

0 8
Paulus Indubri, Wakil Bupati Teluk Wondama

Wasior, Papuabaratoke.com – Pemkab Teluk Wondama kini dihadapkan dalam situasi genting, khususnya dalam dunia pendidikan.

Tahun 2019 mendatang ratusan guru tak bisa mengajar lagi, dikarenakan belum mengantongi Sertifikasi Guru (Sergu).

Dari sekitar 600 guru di Kabupaten Teluk Wondama, sebanyak 540 guru sampai sekarang belum mengikuti sertifikasi. Artinya, baru 60 guru saja yang sudah mengantongi sertifikat mengajar.

Di tahun 2019 adalah batas sertifikasi guru. Kalau kita tidak lakukan, mereka (540) guru akan degradasi. Ini situasi emergency. Saya minta orang pendidikan perhatikan ini betul-betul,” tegas Wakil Bupati, Paulus Indubri, Senin (7 Agustus 2017).

Baca Juga:  Dua SD Di Distrik Libur Panjang, Wabup Jadwalkan Sidak Usai Agustus

Ia memerintahkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bergerak cepat untuk menuntaskan sertifikasi guru, paling lambat akhir Tahun 2018.

“Dinas pendidikan fokus disitu saja. Sampai 2018 akhir harus tuntas. Kalau tidak, guru di kampung kita tidak bisa mengajar karena tidak punya sertifikat,” bebernya saat memimpin apel pagi.

Menurut Wabup, tuntutan sertifikasi merupakan aturan sesuai Undang-undang yang berlaku. Jika tidak memiliki sertifikat guru, tak layak untuk berdiri di depan kelas. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com