Portal Berita Papua Barat

Abrasi Sungai Wanayo Ancam Generator PLTD Wasior

0 20
Abrasi Sungai Wanayo
Abrasi Sungai Wanayo – Kondisi terkini Sungai Wanayo, Wasior, Kabupaten Teluk Wondama. Abrasi yang terjadi mengancam keberadaan generator PLTD Wasior. Jarak antara bibir sungai dan PLTD tidak lebih dari 25 meter. (Foto: Vio/PBOKe)
Wasior, Papuabaratoke.com – Abrasi Sungai Wanayo.  Letak posisi generator PLTD Wasior yang berada dekat dengan kali (sungai, red) Wayano terancam terpapar abrasi.

Jarak bibir sungai dengan generator saat ini tidak lebih dari 25 meter. Curah hujan sering terjadi mengakibatkan pengikisan daerah sekitar bibir sungai kian mengkhawatirkan.

“Sekarang ini jaraknya tinggal 25 meter. Pembangunan tanggul kali Wanayo segera dibangun, jangan ditunda hingga 2019. Bukan tidak mungkin longsor di pinggiran kali akan terus terjadi,” kata Kepala Distrik Wasior Alex Marani.

Kata Alex, pembangunan tanggul sepanjang sungai Wayano juga untuk mengantisipasi bahaya bencana banjir yang dapat terjadi secara tiba-tiba.

“Usulan pembangunan tanggul itu di 2019. Bagaimana caranya dilakukan tahun ini karena kalau tidak kita semua akan gelap,“ ujar Alex.

Usulan yang sama juga diutarakan Kepala Kampung Manopi Frans Saba. Ia meminta pembangunan tanggul sungai Wanayo secepatnya dilakukan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aloysius Joko Purwanto dalam kesempatan yang sama mengungkapkan pembangunan tanggul pengaman Wanayo sudah direncanakan pada 2019.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!