Portal Berita Papua Barat

Aparat Kampung Dilatih Operasikan Komputer

0 37

Wasior, Papubaratoke.com – Sedikitnya 50 Sekretaris Kampung dan Kaur Umum sejumlah distrik di Kabupaten Teluk Wondama, mengikuti pelatihan dasar komputer.

Selama 3 hari, mereka dilatih mengoperasikan komputer terutama aplikasi microsoft word dan excel. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten Teluk Wondama dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur kampung.

Kepala Dinas PMK, Hendrik Rico Tetelepta, mengatakan, pengelonaan Dana Desa yang besar harus mampu dikelola para aparatur kampung. Untuk itu, peningkatan pengetahuan dan kemampuan dalam hal administrasi dibutuhkan.

“Saat ini semua kampung harus pakai Sistim Keuangan Desa (Siskeudes berbasis komputer). Kedepan semua aparat kampung diharapkan mampu menyusun program di kampung dengan baik,” jelasnya saat menutup pelatihan, Jumat (28 Juli 2017) di Aula SMPN Wasior.

Ia berharap pelatihan serupa diselenggarakan masing-masing kampung dengan memanfaatkan Dana Desa yang nilainya cukup besar dan meningkat setiap tahun.

“Karena anggarannya terbatas, pelatihan ini tidak diikuti semua kampung. Kita harap desa juga membuat pelatihan sendiri agar administrasi desa menjadi tertib,” terangnya.

Barnabas Desianto, narasumber kegiatan, salut dengan semangat peserta yang rata-rata sudah memasuki usia lanjut. Meski demikan, mereka berusaha untuk mengerti cara mengoperasikan  komputer.

“Mereka benar-benar semangat dan niatnya cukup besar. Sekalipun belum semuanya, tapi pada umumnya sudah bisa mengerti bagaimana operasikan,” paparnya. Ia menyarankan setiap kampung membeli laptop agar bisa digunakan untuk berlatih. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com