Portal Berita Papua Barat

Banyak Bangunan Di Wondama Tak Sesuai RT/RW

0 24

Wasior, Papuabaratoke.com – Pengadaan tanah untuk kepentingan umum, terutama untuk membangun fasilitas pemerintah daerah, tak boleh dilakukan semaunya sendiri.

Sebaliknya, hal ini harus dilakukan dengan memperhatikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) Kabupaten Teluk Wondama.
“Lokasi untuk pemukiman, jangan bangun kantor pemerintahan disitu. Kita bingung karena banyak bangunan yang berdiri tidak sesuai tata ruang daerah,” kata Asisten Tata Bidang Tata Pemerintahan Kabupaten Teluk Wondama, Jack Reynold Ayamiseba, Senin (28 Agustus 2017).

Menurutnya, pengadaan tanah oleh Pemda harus dilakukan sesuai prosedur perundang-undangan yang berlaku. Segala hal menyangkut administrasi sampai dengan pembayaran ganti rugi tanah, harus dituntaskan sebelum membangun.

“Kita di sini belum melakukan hal itu. Banyak prosedur pengadaan tanah yang tidak jalan. Yang penting babat dulu, gusur dulu, bangun dulu, bayarnya diatur kemudian. Ini yang masalah,” beber mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Nabire ini.

Diharapkan tidak ada lagi pengadaan tanah maupun pendirian bangunan oleh SKPD yang dilakukan tanpa melalui prosedur yang semestinya serta tidak mengacu pada RT/RW yang ada.
“Pimpinan OPD perlu mendidik masyarakat untuk memahami bagaimana mendirikan bangunan yang tidak melanggar rencana tata ruang daerah,” pungkasnya. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com