Portal Berita Papua Barat

Gara-gara Pohon Sagu, Warga di Teluk Wondama Segel Kantor Pertanahan

0 39
Warga di Teluk Wondama Segel Kantor Pertanahan
Warga di Teluk Wondama Segel Kantor Pertanahan Setda Teluk Wondama Gara-gara Pohon Sagu.(Foto: VIO/PBOKe)
Wasior, Papuabaratoke.com – Warga di Teluk Wondama Segel Kantor Pertanahan.  Tuntutan ganti rugi pohon sagu milik sejumlah warga yang terkena proyek normalisasi kali (sungai, red) Ati di Kabupaten Teluk Wondama berbuntut pemalangan Kantor Bagian Pertanahan Sekretariat Daerah Kabupaten Teluk Wondama, Senin (26/3/2018).

Selain menyegel ruang bagian pertanahan, penyegelan serupa juga dilakukan di semua akses masuk ke kantor. Akibatnya aktivitas kantor di Bagian Hukum dan HAM, Bagian Kesra dan Bagian Pemerintahan yang berada satu gedung ikut lumpuh.

Warga Kampung Torey Abner Nunaki menuturkan warga kecewa karena kompensasi pohon sagu mereka hingga kini belum direalisasi. Selama ini, ujar dia, warga hanya menerima janji pembayaran saja.
“Ini sudah kali ketiga saya segel. Karena kami sudah dijanji ada pertemuan tapi sampai sekarang ini tidak ada kejelasan pembayaran ganti rugi,“ kata Abner.

Warga lainnya, Konstan Waprak menuturkan hal senada. Ia mengatakan pembayaran ganti rugi tidak kunjung dilakukan hingga kini. Padahal telah dilakukan survey.

“Dikatakan akan ada pertemuan untuk bicarakan apakah pohon sagu kami dibayar atau tidak. Kami tunggu dan tunggu belum ada juga. Artinya, kita tanya dong bilang nanti dan nanti terus. Ini yang buat kami kecewa dan merasa dibohongi,” tukasnya.

Sesuai informasi yang dihimpun, pohon sagu milik warga digusur untuk proyek normalisasi sungai Ati pada 2014. Normalisasi dilakukan karena sudah beberapa kali terjadi banjir yang menggenangi rumah warga akibat luapan sungai.

Meski sempat diajak berkoordinasi oleh Wakil Bupati Paulus Indubri, namun rupanya warga tetap enggan melepas segel. Kondisi ini berlangsung hingga jam kantor berakhir.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!