Portal Berita Papua Barat

Gowes Pesona Nusantara 2017 Kunjungi Batu Peradaban Aitumeiri

0 5

Rasiei,Papuabaratoke – Gowes Pesona Nusantara 2017 dikikuti 84 Kabupaten/Kota, Program dari Kementrian Pemuda dan Olaraga, kini samabangi Indonesia Timur Sabtu 10 Juni 2017 , Kabupaten Teluk Wondama jadi  tuan rumah perhelatan tersebut.

Wakil Bupati Teluk Wondama saat Memimpin Persiapan GPN 2017

Batu peradaban di Bukit Aitumieiri lokasi utama yang dikunjungi peserta GPN 2017 setelah melakukan start dari pelataran pelabuhan Wasior. Batu peradaban Aitumeiri  dipilih karena menjadi simbol lahirnya Peradaban Baru bagi orang Papua.

Bupati Teluk Wondama Bernadus A. Imburi, dijadwalkan melepas peserta Gowes Pesona Nusantara 2017 dan dampingi deputi dari Kemenpora siang besok.

Wondama menjadi satu dari tiga Wilayah di Provinsi Papua Barat yang masuk dalam Etape turing sepeda secara Nasional yang sudah dimulai dari Sabang Banda Aceh di titik Kilo Meter (0). Dan dua wilayah lainnya adalah Manokwari dan Kota Sorong.

Panitia lokal memprediksi sedikitnya 2.000 orang akan hadir meramaikan kegiatan tersebut. Selain komunitas sepeda, panitia mengikutsertakan komunitas motor, pelajar, paguyuban daerah dan juga masyarakat umum.

“Kita optimis akan membludak. Mungkin paling sedikit antara 2.000 sampai 3.000 orang akan ikut,” ucap Wakil Bupati Paulus Indubri, saat pimpin rapat persiapan.

Terpisah jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Wondama, Frans Mosmafa, selaku koordinator seksi acara, mengatakan di Batu Peradaban di Bukit Aitumeiri, rombongan GPN akan menerima penyerahan tanah dan air dari masyarakat adat Wondama. Pada setiap etape yang dilalui, rombongan gowes membawa tanah sebagai simbolisasi kesatuan tanah kebangsaan.

“Tanah dan air diambil di tempat yang punya sejarah karena dulu guru Injil pertama disini mengambil air untuk diberikan kepada masyarakat di tempat ini,” ujar frans.

Baca Juga:  Bupati Imburi: Kepala Distrik Harus Cakap

Chandra, staf Kemenpora mejelaskan Gowes Pesona Nusantara 2017 dengan tagline ‘#AyoOlahraga’, sebagai ajakan dan motivasi masyarakat untuk mempraktekan gaya hidup sehat melalui olahraga khususnya bersepeda.“Gowes Pesona Nusantara 2017 ini juga mengangkat potensi wisata wilayah,”.(VIO/Pboke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!