Portal Berita Papua Barat

Gubernur Dominggus: Kriminalitas Anak Harus Jadi Perhatian Bersama

0 70
Kriminalitas Anak
Kriminalitas Anak – Ilustrasi anak yang berhadapan dengan Hukum. (Foto: Istimewa)
Wasior, Papuabaratoke.com – Kriminalitas Anak.  Tingginya angka kriminalitas dengan pelaku anak dibawah umur, harus menjadi perhatian bersama, pemerintah, gereja, dan masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan pada pembukaan Konsolidasi PW GKI se Tanah Papua di gereja Baitesda Manggurai, Wasior, Teluk Wondama.

Kata gubernur, anak muda banyak terjerat pengaruh minuman keras dan narkoba. Remaja belasan tahun banyak jadi pencandu lem aibon. Juga pencurian.

“Banyak melibatkan anak-anak Papua. Di Manokwari itu taruh motor di depan toko begitu masuk ke toko keluar motor sudah tidak ada. Pelakunya rata-rata anak Papua umur SMP dan SMA. Itu jadi catatan penting bagi kita pemerintah, gereja dan juga masyarakat,“ ucap Dominggus.

Untuk menekan kriminalitas anak, gubernur mendorong setiap keluarga agar aktif menanamkan nilai-nilai moral dan etika kepada anak-anak, termasuk orang tua harus membangun hubungan yang baik dengan anak-anak serta mengawasi perilaku dan perkembangan mereka di luar rumah.

“Ini penting karena pendidikan awal itu dari rumah tangga, dari keluarga,“ ucapnya berpesan.

Baca Juga:  Pembangunan di Tanah Papua Harus dalam Suasana Kelemahlembutan dan Kerendahan Hati

Gubernur mendorong semua pihak termasuk lembaga kerohanian ikut berperan aktif mendidik dan menyiapkan generasi muda Papua Barat sehingga tidak terjerumus dalam perilaku negatif.

“Ini tanggung jawab kita semua untuk bina anak-anak dan generasi muda kita lewat kegiatan keagamaan, seperti sekolah minggu, ibadah di jemaat supaya iman mereka tumbuh. supaya mereka bisa jauh dari hal-hal negatif itu,“ imbau gubernur.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com