Portal Berita Papua Barat

Hama Tikus Rusak Hasil Panen Kampung Sobey

0 22
Tikus Rusak Hasil Panen Kampung Sobey
Tikus Rusak Hasil Panen Kampung Sobey
Wasior, Papuabaratoke.com –  Tikus Rusak Hasil Panen Kampung Sobey. Petani di Kampung Sobey, Distrik Teluk Duari, Kabupaten Wondama, resah dengan serangan hama tikus. Tak hanya padi, namun cabai dan sayur-sayuran juga menjadi sasaran.

Hal ini sudah berlangsung dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Asri Hasan, petani transmigran Kampung Sobey Indah, mengaku serangan hama tikus membabat semua tanaman.

“Jika tidak ada penanggulangan yang serius, bisa-bisa kami semua gagal panen,” ujarnya, Kamis (28/9/2017), saat ditemui di Kantor Kampung Sobey Indah.

Menurutnya, serangan hama tikus kali ini merupakan yang terbesar dan masif, dibanding tahun-tahun sebelumnya. Khusus untuk padi, tikus bahkan sudah menyerang sejak masih tahapan pembibitan di persemaian.

“Banyak yang tidak jadi menanam karena pada saat di persemaian sudah beberapa kali hambur itu dihabiskan sama tikus,” ujarnya.

Untuk sementara, petani hanya mengandalkan cara tradisional untuk menghalau hama tikus, yakni dengan menggenangi lahan yang sudah ditanami dengan air pada  waktu malam hari. Pasalnya, serangan tikus memang biasa terjadi saat malam hari.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan, Leonard Rumainum, ditemui di tempat yang sama, menyebut tikus merupakan hama endemik yang sering menyerang tanaman padi sawah, terutama pada lahan yang baru dibuka.

“Tikus itu sulit diberantas karena dia bekerja malam hari siang dia pulang tidur di hutan,” papar Leo disela-sela pelatihan penanggulangan hama tikus bagi petani.

Perkembanganbiakan tikus yang sangat cepat, lanjut dia,  memungkinan serangan cepat meluas. Dalam semalam, areal yang dirusak bisa berhektar-hektar. Tikus biasanya menggigit batang padi hingga putus.

“Untuk membasmi biasanya pakai cara kimiawi dengan jerat yang dipasang racun,” beber  mantan Kepala distrik ini. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com