Portal Berita Papua Barat

Harga Cabe di Wondama Tembus 90 Ribu Per Kilo

0 32

Teluk Wondama, Papuabaratoke.com  – Harga bahan kebutuhan pokok di kota Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, relatif stabil jelang Lebaran. Satu-satunya komoditi yang harganya melabung adalah cabe rawit yang nyaris menyentuh harga 100 Ribu Rupiah.

Saat ini harga cabe rawit tembus 90 Ribu per kilo. Sebelumnya, harga cabe rawit di Wondama berkisar antara 60-70 Ribu Rupiah per kilonya, kenaikan pesat harga cabe rawit ditenggarai karena naiknya harga di tingkat petani.

“Nafa pedagang pasar iriati mengatakan kita ambil dari petani sudah 75 sampai 80 Ribu, jadi kita jual 90 Ribu.” ujar Nafa Jumat (16 Juni 2017).

Pedagang lain mengaku kenaikan harga di tingkat petani menjadi alasan meroketnya harga cabe rawit maupun cabe merah ukuran besar.

“Agar bisa mendapat untung, kami menyiasati dengan mengurangi jumlah cabe yang dijual eceran seharga 5 ribu atau 10 ribu per tumpuk”

Sementara, harga bapok lain umumnya masih normal, beberapa bahkan mengalami penurunan. Telur misalnya, pada pekan pertama puasa harga per ikat yang berisi enam rak adalah 350 Ribu dan kini turun hingga 300 Ribu per ikat.

Penurunan harga juga terjadi untuk tomat dari 25 Ribu menjadi 20 Ribu per kilo. Harga bawang merah dan bawang putih masih stabil diposisi 70 Ribu per kilo dan gula pasir bervariasi antara 18 – 23 Ribu per kilo

Demikian pula minyak goreng antara 18 – 20 Ribu per Liter, sedangkan harga daging ayam es juga masih stabil dengan harga 45 Ribu per kilo.

Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM, Ekberson Karubuy, menjamin stok bapok aman hingga selesai Lebaran. Pedagang diminta tidak menaikkan harga berlebihan sehingga  tidak menyusahkan masyarakat. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com