Portal Berita Papua Barat

Harga Pupuk Mahal, Petani Wondama Menjerit

0 36
Harga Pupuk Mahal
Harga Pupuk Mahal – Pose bersama, Para Petani bersama Dinas Pertanian dan Pangan Teluk Wondama
Wasior, Papuabaratoke.comHarga Pupuk Mahal. Dituntut menghasilkan produksi yang tinggi setiap tahun, para petani sawah di Kabupaten Teluk Wondama, justru kesulitan mendapatkan pupuk. Mereka bahkan harus merogoh kocek untuk mendapatkan pupuk.

Asri Hasan, petani sawah warga transmigran di Kampung Sobey Indah, Distrik Teluk Duairi, mengungkap pupuk didapat dari pengecer dengan harga yang cukup mahal.

Pupuk non subsidi jenis ZN misalnya, harganya sudah mencapai Rp.500-600 Ribu/sak. Padahal di Manokwari harganya hanya berkisar antara Rp100-200 Ribu/sak.

“Kita sebenarnya sudah tidak menjangkau (tidak mampu beli). Tapi mau bagaimana lagi, barangnya tidak ada. Ya terpaksa beli walaupun sangat mahal,” ujarnya saat mengikuti pelatihan yang digelar Dinas Pertanian dan Pangan di Kantor Kampung Sobei Indah, Kamis (28/9/2017).

Ia mengaku selama ini belum pernah dipasok pupuk bersubsidi yang masuk ke Wondama. Oleh sebab Pemkab melalui instansi terkait dharapkan mencari jalan agar pupuk subsidi masuk ke Wondama.

“Harapan kita Pemda bagaimana caranya mencari pihak ketiga supaya ada pemasok pupuk bersubsidi. Karena pupuk itu persoalan paling mendasar untuk kita,” beber Asri lagi.

Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Distrik Teluk Duairi, Otto Wosiri, membenarkan ketiadaan pupuk menjadi kendala utama yang dihadapi petani transmigran. Hal tersebut berdampak pada hasil produksi padi yang akhirnya tidak bisa mencapai target.

“Sudah 4 musim tanam ini kita kendala di pupuk,” paparnya. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com