Portal Berita Papua Barat

Indubri : SDM Guru Honorer Di Wondama Tak Boleh Asal-asalan

0 5

Wasior, Papuabaratoke.com – Pemda Teluk Wondama berencana mendesain ulang kebijakan khusus untuk memajukan bidang pendidikan. Sebelumnya, Pemda akan melakukan evaluasi menyeluruh untuk melihat konsistensi bidang pendidikan.“Kita perlu mendesaian kebijakan dalam kurun waktu 4 tahun kedepan untuk memastikan pendidikan bergerak maju. Mulai pendidikan pra sekolah sampai ke SMA/SMK,” ujar Wakil Bupati Teluk Wondama, Paulus Indubri,  Selasa (25 Juli 2017).

Salah satu aspek yang mendesak untuk dibenahi adalah tenaga guru. Pasalnya, banyak SD di wilayah terpencil hanya mengandalkan guru honor, yang tidak memiliki latar belakang pendidikan guru. Umumnya guru honor yang ada berijazah SLTA. “Ada guru honor dengan kualifikasi yang tidak layak, umumnya lulusan SMA yang harusnya secara aturan tidak boleh,” terangnya. Selain menata ulang distribusi guru negeri yang selama ini lebih banyak menumpuk di kota, hal penting lainnya adalah meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru honorer.

“Guru honor tetap kita berdayakan, tapi harus ada peningkatan kapasitas, agar mereka mengerti bagaimana menjadi guru,” terangnya sembari menekankan menjadi seorang guru itu tidak asal-asalan. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!