Portal Berita Papua Barat

Masalah Ulayat Ganjal BLK Maimari, 7 Tahun Belum Berfungsi

2
Masalah Ulayat Ganjal BLK Maimari
Masalah Ulayat Ganjal BLK Maimari – Gedung BLK Maimari.(Photo: VIO/PBOke)
Wasior, Papuabaratoke.comMasalah Ulayat Ganjal BLK Maimari. Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di Kampung Maimari, Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, hingga kini belum berfungsi. Padahal, bangunan ini sudah dibangun sejak Tahun 2011 lalu.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Wempi Matani, menyebut masalah ulayat menjadi alasan belum beroperasinya BLK Maimari yang menghabiskan anggaran Milyaran Rupiah ini.

Ia mengaku Disnakertrans sebagai pengelola, sebenarnya sudah membayar Rp.155 Juta kepada salah seorang pemilik tanah. Namun, rupanya yang menerima uang tidak membagikan kepada warga lain yang memiliki hak atas tanah tersebut.

“Kita sudah bayar itu termasuk dengan tanaman tumbuh diatasnya. Tetapi yang diterima masyarakat hanya 50 Juta saja. Jadi mereka tuntut harus bayar tanaman tumbuh lagi. Kita tidak bisa bayar lagi karena nanti jadi temuan karena dobel,” ujar Wempi, Kamis (5/10/2017).

Saat ini urusan tersebut telah dilimpahkan ke Bagian Pertanahan untuk diselesaikan. Dia berharap secepatnya bisa dituntaskan agar pihaknya bisa mulai melengkapi fasilitas BLK.

Sejauh ini fasilitas yang sudah ada berupa gedung tempat pelatihan, juga rumah untuk petugas. Sementara peralatan seperti mesin maupun perlengkapan lainnya belum ada.
“Dari pusat siap bantu, yang penting syarat yang mereka minta terpenuhi, yaitu sertifikat tanah atas nama Pemda dan kesiapan petugas,” paparnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati, Paulus Indubri, juga memerintahkan jajarannya agar menuntaskan persoalan yang mengakibatkan pembangunan BLK Maimari terhenti. (VIO/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!