Portal Berita Papua Barat

Masyarakat Kuri Wamesa Dukung PT ABP Lakukan Penambangan Emas

0 175
Penambangan Emas
Penambangan Emas  – Sosialisasi Amdal Rencana Penambangan Emas PT.ABP di Distrik Kuri Wamesa. (Foto: Vio/PBOKe)
Wasior, Papuabaratoke.com – Penambangan Emas.  Meski mendukung kegiatan penambangan emas yang akan dilakukan oleh PT Abisha Bumi Persada (ABP) di Distrik Kuri Wamesa, Kabupaten Teluk Wondama.

Masyarakat mengingatkan, pihak perusahaan agar tak mengabaikan hak-hak masyarakat adat. PT ABP berencana melakukan penambangan emas placer pada areal seluas 23.324 hektar. Areal ini juga mencakup Wilayah Distrik Rasiei dan Distrik Naikere.

“Kami setuju. Tapi kami minta hak masyarakat adat perlu dipastikan dulu agar masyarakat tidak susah di kemudian hari,“ kata tokoh masyarakat Kampung Nanimori, Distrik Kuri Wamesa, Titus Mariai.

Perusahaan asal Jakarta itu berencana melakukan eksploitasi selama 15 tahun. Dengan target produksi 800 ribu ton biji emas per tahun. Biji emas tersebut diperkirakan bisa menghasilkan 40 ribu ton konsentrat dan emas murni mencapai 200 kg/tahun.

Rencana eksploitasi PT ABP ini terkuak dalam sosialisasi AMDAL rencana pertambangan emas placer di Kampung Nanimori, Distrik Kuri Wamesa, Jumat kemarin.

Pihak manajemen juga diminta konsisten menjalankan apa yang nantinya menjadi kesepakatan bersama. “Kami mohon perusahaan utamakan tenaga kerja dari kami, masyarakat yang punya wilayah,“ ujar tokoh pemuda Kampung Yerenusi.

Sosialisasi AMDAL melibatkan masyarakat adat dari 6 kampung yang wilayahnya masuk dalam kawasan terpapar, yakni Kampung Nanimori, Ambumi, Yerenusi dan Dusner di Distrik Kuri Wamesa, Kampung Wombu Distrik Naikere dan kampung Sendrawoy Distrik Rasiei.

Sosialiasi AMDAL ini turut dihadiri Bupati Bernadus Imburi, Kapolres Teluk Wondama, AKBP Mathias Krey, bersama Danramil Wasior Mayor Inf Andri Risnawan.

Juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat, Rudolf E.Rumbino yang hadir mewakili Gubernur Papua Barat serta Direktur Utama PT ABP, Nolius Matahelumual.

Baca Juga:  Pemda Wondama Diingatkan Hati-hati Soal Anggaran

Dalam kesempatan itu, Bupati Imburi mengingatkan, semua tahapan terkait AMDAL wajib dilakukan secara baik dan benar. Dengan demikian, kehadiran perusahaan akan membawa manfaat yang besar secara ekonomi dan sosial bagi masyarakat setempat.

“Saya harap diatur dengan baik supaya perusahaan bisa hidup, masyarakat di sekitar juga bisa hidup. Harus dua-dua senang. Jangan perusahaan senang baru masyarakat susah. Jangan masyarakat buat macam-macam sehingga perusahaan tidak bisa jalan,“ ucap Imburi mengingatkan.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com