Portal Berita Papua Barat

Mawoy Dinilai Layak Bandar Udara Baru Teluk Wondama

0 10

Wondama,Papuabaratoke.com – Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama  menunggu Surat Keputusan (SK) Kementrian Perhubungan, terkait lokasi Bandar Udara baru.

Sebelumnya, Kemenhub menggelar seminar FS (Feasibility Study) untuk 3 lokasi Bandar Udara baru.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Wondama, Bernardus Setiawan, mengaku FS dilakukan untuk menganalisa kelayakan tiga alternatif lokasi Bandar Udara  baru. Tiga lokasi yang dimaksud adalah Mawoy Distrik Wasior, Yopanggar Distrik Teluk Duairi dan Bandar Udara  Wasior yang ada saat ini (eksisting).

“Jika sudah disetujui, pembangunan langsung berjalan. Sementara masih disempurnakan bahan-bahannya,” ujarnya, Senin (12 Juni 2017).

Pemkab Wondama tampaknya lebih ingin Bandar Udara baru di Mawoy karena hanya berjarak 6 Km dari pusat Kota. Selain itu, Mawoy dinilai memenuhi syarat kelayakan dibanding Yopanggar maupun pengembangan bandara lama saat ini.

Menurut Bernadus, dua hal yang akan dilakukan untuk pembebasan lahan bandara baru, yakni menyiapkan anggaran dalam APBD serta menyelesaikan sengketa atau persoalan lain terkait tanah. Lahan di Mawoy untuk bandara baru seluas  4.500 x 750 M2.

“Pertemuan dengan masyarakat pemilik ulayat sudah dilakukan beberapa kali. Nanti akan dilakukan pertemuan lagi untuk mencari win-win solution,” papar Setiawan.

Jika mendesak, anggaran ini akan masuk Perubahan (APBD-P) Tahun ini. jika tidak, ya Tahun 2018. “Kalau sudah selesai tahapan itu, 2019 fisik sudah bisa mulai,” ungkapnya. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!