Portal Berita Papua Barat

Minimnya Tenaga Guru di Wondama

0 21

Wasior, Papuabaratoke.com – Sektor Pendidikan di Kabupaten Teluk Wondama masih menghadapi setumpuk persoalan. Salah satunya penyebaran Tenaga Guru yang tidak merata di Kota.

Sementara di wilayah pinggiran, kepulauan apalagi di pedalaman, banyak ditemukan Sekolah yang staf Guru hanya satu atau dua orang saja.

Menanggapi hal ini Wakil Bupati Teluk Wondama, Paulus Indubri, memastikan penempatan Guru harus disesuaikan dengan Kualifikasi dan Kompetensi dan kebutuhan satuan Pendidikan.

“Untuk SMP tidak sekedar distribusi, harus disesuaikan dengan kebutuhan. Apakah Guru Matematika atau Bahasa Inggris,” ujarnya saat rapat bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta para guru di kantor DPPO di Isei, Jumat (14 Juli 2017).

Menurutnya, yang harus dilakukan adalah mendesain ulang pola distribusi Guru untuk menjawab kebutuhan satuan Pendidikan. Antara lain memaksimalkan jasa Guru honorer.

“Jika jumlah terbatas pada mata pelajaran tertentu, solusinya memanfaatkan Guru honor,” bebernya.

Meski demikian, kualifikasi tenaga Guru honor juga harus diperhatikan untuk mengangkat kualitas Pendidikan di daerah tersebut. (VIO/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com