Portal Berita Papua Barat

Nama Ishak Semuel Kijne Diusulkan Jadi Nama Bandara Teluk Wondama

0 127
Bandara Teluk Wondama
Bandara Teluk Wondama – Kepala Dinas Perhubungan Teluk Wondama, Bernadus Setiawan. (Foto: Vio/PBOKe)
Wasior, Papuabaratoke.com – Bandara Teluk Wondama.  Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama tengah mengupayakan pemenuhan persyaratan terkait pemberian nama bandar udara (Bandara) baru di Kampung Dotir, Distrik Wasior.

Kepala Dinas Perhubungan Bernadus Setiawan mengatakan usulan nama baru bandara adalah, Ishak Semuel Kijne. Ishak Semuel Kijne adalah misionaris asal Belanda.

“Pemberian nama bandara ini harus ada persetujuan dari DPRD yang kemudian diperkuat dengan peraturan daerah. Juga harus digelar diskusi publik untuk menyerap berbagai masukan dan usulan dari masyarakat,” kata Bernadus, Rabu (28/2/2018).

Baca Juga:  Mawoy Dinilai Layak Bandar Udara Baru Teluk Wondama

Dalam sejarah peradaban orang Papua, Ishak Kijne dikenang sebagai bapak peradaban Orang Papua. Dia adalah pendiri pendidikan formal pertama di Bukit Aitumeri, Miei, Kabupaten Teluk Wondama.

Dijelaskan Bernandus apabila semua syarat telah terpenuhi, maka usulan nama bandara baru bisa diajukan ke Kementerian Perhubungan, untuk mendapatkan penetapan.

Sebelumnya, Bupati Bernadus A. Imburi bersama Ketua DPRD Kuro MR. Matani telah menyatakan setuju dan mendukung pemberian nama I.S. Kijne sebagai nama Bandara.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com