Portal Berita Papua Barat

Pemekaran Kuri Wamesa Tinggal Dua Tahap

0 98
Pemekaran Kuri Wamesa
Ilustrasi Gambar (Google)

Wasior, Papuabaratoke.com – Pemekaran Kuri Wamesa. Tim pemekaran calon Kabupaten Kuri Wamesa, menilai Pemkab Teluk Wondama tidak sepenuh hati mendukung perjuangan mereka.

Ketua Lembaga Masyarakat Adat distrik Windesi, Lefran Parairawai, yang juga anggota tim pemekaran Kuri Wamesa mengaku, tim pemekaran seperti bekerja sendiri tanpa dukungan nyata Pemkab Wondama. Pihaknya nyaris tidak mendapat sokongan dana dari Pemda.

Dia mencontohkan pada 21 Agustus lalu  pihaknya mengirim 64 utusan ke Jakarta untuk mengikuti pertemuan forum percepatan pembentukan daerah otonomi baru yang digagas DPD RI. Forum tersebut dibentuk untuk mendesak pemerintah pusat mencabut moratorium pembentukan daerah otonom baru.

“Itu tidak ada biaya sedikitpun dari Pemda. Padahal naik pesawat pulang pergi, biayanya masyarakat yang cari sendiri, dibantu Kepala Suku Besar Kuri Wamesa, bapak Sefnat Kurube Dijau,” beber Lefran, Kamis (7/9/2017) di Wasior. Menurutnya, sudah beberapa kali tim pemekaran mengajukan permohonan bantuan dana secara tertulis maupun audiensi langsung dengan Bupati. Termasuk sejumlah pejabat terkait lain, namun belum mendapat respon yang memuaskan.

“Tahun 2017 (APBD 2017) untuk Kuri Wamesa disiapkan dana 100 Juta saja dan Itu terlalu minim. Itu bukti  Pemda memang tidak serius mendukung apa yang dilakukan oleh rakyat,” ujar Kepala Samsat Wondama ini.

Kendati minim dukungan Pemda, Lefran menyatakan pihaknya tetap semangat. Dia optimis perjuangan mereka akan berakhir manis.

“Tinggal dua persyaratan teknis yang harus kita kejar, yaitu tapal batas wilayah dan SK persetujuan dari Gubernur. Batas waktu penyerahan persyaratan teknis itu bulan Oktober jadi kita minta instansi yang membidangi ini cepat tuntaskan tapal batas,” paparnya.

Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Jack RCH. Ayamjseba, yang ditemui sebelumnya menepis penilaian seperti itu. Menurutnya dukungan Pemda termasuk dalam hal anggaran harus dilakukan sesuai prosedur peraturan perundang-undangan.

Baca Juga:  Warga Kampung Sobei Sulit Pasarkan Hasil Pertanian

Adapun cakupan daerah bawahan calon Kabupaten Kuri Wamesa meliputi 6 distrik yakni Windesi, Wamesa, Nikiwar, Soug Wepu, Rumberpon dan Roswar serta 2 distrik di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni.(VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com