Portal Berita Papua Barat

Pemkab Teluk Wondama Mulai Tertibkan Eks Pedagang Pasar Soyar

0 31
Tertibkan Eks Pedagang Pasar Soyar
Tertibkan Eks Pedagang Pasar Soyar – Petugas dari Tim Terpadu sedang Mendata Pedagang yang Berjualan di Pinggir Jalan Utama Kota Wasior. (Foto: Vio/PBOKe)
Wasior, Papuabaratoke.com – Tertibkan Eks Pedagang Pasar Soyar.   Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Wondama mulai menertibkan pedagang eks Pasar Soyar, Wasior yang enggan pindah ke Pasar Sentral Iriati.

Upaya penertiban ini dilakukan lantaran masih ada sebagian pedagang yang memilih bertahan di pasar lama. Mereka berjualan di pinggir jalan-jalan utama kota Wasior.

Tim terpadu mulai melakukan pendataan sekaligus sosialisasi terkait larangan berjualan di pinggir jalan. Tim ini terdiri dari petugas Satpol PP dibantu aparat kepolisian dan personil TNI AD dari Koramil Wasior bersama jajaran distrik Wasior.

Kepala Distrik Wasior, Anthonius Alex Marani menuturkan, ada beberapa alasan yang dikemukakan para pedagang dengan tetap memilih berjualan di pinggir jalan.

Diantaranya, lantaran belum mendapat tempat di pasar sentral Iriati. “Apabila mereka yang tidak punya tempat di pasar Iriati maka akan dipertimbangkan untuk disiapkan tempat,“kata Alex.

Selain dari pada itu, alasan soal letak pasar Iriati yang cukup jauh sehingga memberatkan para pedagang terkait biaya transportasi.

“Alasan lain, pembeli di pasar Iriati kurang sehingga modal mereka yang kredit di bank itu menjadi kendala. Kasihan juga tetapi perlu ditertibkan semua supaya tidak menganggu keindahan kota,“ tuturnya.

Meski sudah dibagikan semuanya kepada para pedagang, hingga kini sebagian besar kios di pasar sentral Iriati belum terisi.

Tertibkan Eks Pedagang Pasar Soyar
Tertibkan Eks Pedagang Pasar Soyar – Sekda Denny Simbar (Dua dari Kiri) Bersama Pimpinan dan Anggota DPRD Teluk Wondama. (Foto: Vio/PBOKe)

Menurut Asisten Sekda Bidang Kesra, Maria Kamerop yang juga selaku ketua tim terpadu, dari 82 kios permanen yang tersedia baru 51 kios yang terisi.

Sementara, kios tambahan yang semipernanen sejauh ini baru terisi 52 unit dari total 100 unit yang tersedia. “Di blok pasar ikan juga, pedagang yang mengisi belum mencapai 30 persen dari total meja jualan yang ada,” ujar dia.

Baca Juga:  Banjir Terjang 30 Rumah Di Kampung Werianggi
Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com