Portal Berita Papua Barat

Pemkab Teluk Wondama Sulit Cegah Aktivitas Illegal Fishing di Kawasan TNTC

0 52
Aktivitas Illegal Fishing
Aktivitas Illegal Fishing – Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Teluk Wondama Rusman Tingginehe. (Foto: VIO/PBOKe)
Wasior, Papuabaratoke.com – Aktivitas Illegal Fishing.  Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama sulit dalam mencegah aktivitas illegal fishing di Kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Rusman Tingginehe mengakui pada Tahun Anggaran 2018, pihaknya sudah tidak lagi mengalokasikan anggaran untuk pengawasan kawasan taman nasional tersebut.

“Kita dilema juga, kalau dianggarkan salah. Tidak diawasi, dua per tiga dari kawasan ini berada dalam wilayah Pemkab Teluk Wondama. Sementara, kewenangan pengawasan kawasan laut sudah diserahkan ke Provinsi,” kata Rusman, Selasa (20/2/2018).

Berlakunya Undang Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah telah diikuti dengan pengalihan kewenangan dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi.

Salah satunya adalah kewenangan pengawasan kawasan laut. Kondisi ini dikhawatirkan justru memberikan ruang bisa terjadi aktivitas Illegal fishing, penggunaan bahan peledak atau bom ikan, penggunaan pukat harimau, overfishing juga aktivitas kepariwisataan tanpa ijin.

Selama ini, pengawasan taman laut yang kaya sumber daya laut itu dilakukan oleh Balai Besar TNTC yang berpusat di Manokwari juga Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Teluk Wondama.

Kata Rusman, para pihak terkait perlu mewaspadai aktivitas illegal fishing yang sewaktu-waktu dapat terjadi di kawasan TNTC. Ancaman ini nyata dan serius.

“Fakta di lapangan kawasan TNTC dekat dengan kita. Sementara provinsi kan jauh. Ini perlu ada kebijakan, ada pendelegasian wewenang untuk kabupaten lewat peraturan gubernur,” pungkasnya.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com