Portal Berita Papua Barat

Penentuan Tapal Batas Teluk Wondama dan Manokwari Selatan Gagal Capai Kesepakatan

0 17
Tapal Batas Teluk Wondama dan Manokwari Selatan
Tapal Batas Teluk Wondama dan Manokwari Selatan – Asisten Bidang Pemerintahan Setda Teluk Wondama Jack R. Ayamiseba.(Foto: VIO/PBOke)
Wasior, Papuabaratoke.com – Tapal Batas Teluk Wondama dan Manokwari Selatan.  Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Manokwari Selatan gagal mencapai kesepakatan dalam penentuan tapal batas.

Asisten Bidang Tata Pemerintahan Setda Teluk Wondama Jack R. Ayamiseba mengatakan permasalahan tapal batas ini akan dibawa ke tingkat provinsi. Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua Barat diharapkan ikut menyikapi konflik tapal batas tersebut.

“Surat bupati sudah di kirim ke provinsi, kita tinggal tunggu jawabannya seperti apa,“ kata Ayamiseba.
Dijelaskan, surat bupati kepada Gubernur Papua Barat dikeluarkan setelah pertemuan membahas tapal batas kedua kabupaten. Pertemuan itu digelar di Distrik Sough Wepu.

Daerah Sough Wepu merupakan daerah terluar dari Kabupaten Teluk Wondama – yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Manokwari Selatan.

Menurut Ayamiseba titik batas yang diusulkan Pemkab Teluk Wondama adalah merupakan batas tradisional sesuai batas tanah adat yang telah akui warga di perbatasan kedua kabupaten.

“Tapal batas yang diajukan tersebut tidak disetujui Pemkab Mansel. Jadi kami serahkan itu ke masyarakat karena itu menyangkut batas adat yang kemudian diakomodir menjadi batas pemerintahan,” ujar dia.

Ditambahkan, masyarakat di perbatasan Teluk Wondama-Manokwari Selatan sudah buat pernyataan dan sudah dikirim ke Provinsi. “Provinsi sudah lihat aspirasi itu,“ tandasnya.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
error: Content is protected !!