Portal Berita Papua Barat

Perangkat Desa Diutus Timba Ilmu Dandes Di Sulsel

0 5
Perangkat Desa Diutus Timba Ilmu Dandes
Rombongan kepala kampung sedang naik kapal exspress bahari menuju manokwari selanjutnya ke makasar untuk studi banding. (Photo: VIO/PBOke)
Wasior, Papuabaratoke.comPerangkat Desa Diutus Timba Ilmu Dandes.  Para Kepala Kampung di Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, menggelar studi banding di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Disana, mereka belajar bagimana mengelola Dana Desa. Kegiatan ini diprogramkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) 2017, pada masing-masing kampung.

Sekretaris Distrik Wasior, Anakletus Kilmas, pimpinan rombongan studi banding, menjelaskan, tidak hanya soal pemanfaatan Dana Desa, namun para Kepala Kampung juga belajar membuat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan pemberdayaan masyarakat serta hal lain terkait Dana Desa.

“Kita harap hasil yang didapat dari studi banding bisa diterapkan dalam tahun ini atau paling tidak untuk Dana Desa tahun depan,” terangnya saat ditemui, Senin (18/9/2017) di Pelabuhan Wasior sebelum bertolak ke Manokwari.
Studi banding, lanjut dia, dijadwalkan berlangsung selama 6 hari dan melibatkan perangkat desa dari 5 kampung, yakni Dotir, Maniwak, Iriati, Manopi dan Ramiki.

Mereka didampingi pendamping Dana Desa serta pejabat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung. “Setiap kampung mengutus 5 orang,” ujar Kilmas.
Untuk diketahui, dalam tahun ini setiap kampung di Wondama rata-rata menerima kucuran dana kampung yang bersumber dari APBN maupun APBD sebesar Rp. 1,2 Milyar. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!