Portal Berita Papua Barat

Puluhan Syarat Administrasi Calon DOB Kuri Wamesa Belum Lengkap

0 20
Calon DOB Kuri Wamesa
Calon DOB Kuri Wamesa – Asisten Bidang Pemerintahan Setda Teluk Wondama Jack R. Ayamiseba.(Foto: VIO/PBOke)
Wasior, Papuabaratoke.com – Calon DOB Kuri Wamesa.  Upaya pembentukan calon Kabupaten Kuri Wamesa menjadi Daerah Otonom Baru (DOB) agaknya masih perlu proses yang cukup panjang.

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Teluk Wondama Jack R. Ayamiseba mengatakan masih ada beberapa dokumen pendukung yang hingga kini belum dilengkapi. “Sesuai surat DPD RI kepada gubernur Papua Barat juga bupati Teluk Wondama bertanggal 18 Januari 2018, tercatat ada puluhan persyaratan administrasi yang belum lengkap,” katanya.

Dijelaskan, surat DPD kepada bupati menyoroti soal belum ada daftar potensi masing-masing kecamatan yang masuk dalam cakupan calon DOB. Belum ada data monografi masing-masing kecamatan.
Juga belum ada daftar nama pulau serta belum ada dokumen Perda kabupaten induk tentang pembentukan kecamatan.

Sementara, surat untuk DPRD Teluk Wondama, mempertanyakan soal belum ada surat persetujuan sarana dan prasarana perkantoran yang digunakan oleh calon DOB baru itu. Juga belum ada surat persetujuan nama calon DOB, belum ada persetujuan penetepan lokasi ibu kota serta persetujuan cakupan kecamatan yang masuk dalam calon DOB.

“Ini (syarat administrasi, red) bukan kerja ringan, kerja yang cukup berat,“kata Ayamiseba.
Selanjutnya, surat untuk gubernur Papua Barat terkait belum ada persetujuan pemindahan personil dari provinsi, belum ada surat keputusan yang memuat persetujuan nama calon DOB juga lokasi ibu kota dan cakupan wilayah.

“Pembentuk calon DOB itu sangat ditentukan dari kelengkapan persyaratan tersebut. Lobi politik itu dia jalan tetapi kalau persyaratan utama ini tidak ada pasti susah,“ ujar Ayamiseba yang juga adalah ketua tim pengarah.
Ditambahkan, dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan bersama seluruh anggota tim pemekaran termasuk komponen lain yang terkait dengan upaya pemekaran calon DOB Kuri Wamesa guna menindaklanjuti surat DPD RI tersebut. “Tim akan kita pecah untuk datang ke distrik-distrik untuk lakukan pendataan aset bergerak dan tidak bergerak,“ pungkasnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Iman Umat, Gereja dan Pemerintah Harus Sejalan
Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
error: Content is protected !!