Portal Berita Papua Barat

Retribusi Daerah Jauh Dari Harapan, Pemda Wondama Genjot PAD

0 33

Wasior, Papuabaratoke.com – Pemda Wondama sejauh ini masih bergantung terhadap Dana Perimbangan atau dana transfer dari pemerintah pusat.

Hal ini disampaikan Bupati Bernadus Imburi, Senin (28 Agustus 2017). Ia meminta OPD teknis, terutama yang menjadi penghasil PAD, diminta lebih giat dan kreatif menggali sumber PAD baru.
Seperti dijabarkan saat Nota Pengantar Keuangan, akhir pekan kemarin, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Teluk Wondama, sejauh ini relatif rendah dan belum signifikan menopang APBD.

Tahun 2016 misalnya, realisasi penerimaan PAD masih dibawah angka yang direncanakan, hanya Rp.16 Miliar dari yang diproyeksikan sebesar Rp.19,6 Miliar atau 81, 57 persen.
Wakil Bupati, Paulus Indubri, menyatakan pajak daerah merupakan komponen PAD yang menyumbang penerimaan terbesar yakni Rp.4,529 Miliar, dari yang direncanakan Rp.4,546 Miliar.

Sementara, retribusi daerah, realisasinya hanya Rp.459,790 Juta atau 29,63 persen dari yang direncanakan sebesar Rp.1,551 Miliar. Hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, terealisasi Rp.3,521 Miliar atau 100 persen dari yang direncanakan.

“Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah, realisasi penerimaan mencapai Rp.7,551 Miliar atau 74,95 persen dari rencana penerimaan sebesar Rp.10,022 Miliar,” bebernya.
Diharapkan banyaknya potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Wondama, mampu dimaksimalkan guna mendapat daya serap dari retribusi daereah yang maksimal. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!