Portal Berita Papua Barat

Sekda Simbar: Banjir Bandang Wasior Pelajaran Cara Menghargai Lingkungan

0 13
Banjir Bandang Wasior
Banjir Bandang Wasior – Pembukaan Diklat Dasar-Dasar AMDAL yang Diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Teluk Wondama bekerja sama dengan PSLH UGM Jogjakarta. (Foto : Vio/PBOKe)
Wasior, Papuabaratoke.com – Banjir Bandang Wasior.  Sekretaris Kabupaten Teluk Wondama Denny Simbar menyatakan musibah banjir bandang pada 4 Oktober 2010 silam harus menjadi pelajaran bagi masyarakat Wasior untuk senantiasa menghargai dan menjaga lingkungan.

Hal itu penting agar bencana serupa tak terjadi lagi. Dengan demikian, harus ada kesadaran bersama menjaga kelestarian lingkungan. Demikian disampaikan Simbar ketika membuka Diklat dasar-dasar Analisa Mengenai Dampak Lingkungan, Senin (19/3/2018).

“Kita jaga lingkungan dengan tidak merusak hutan, tidak menebang pohon sembarangan, tidak melakukan eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan yang bisa mendatangkan dampak negatif,“ ucapnya.
Selain itu, kata Denny, kebiasaan buruk seperti suka membuang sampah sembarangan terutama ke laut dan sungai juga harus dihentikan.

Dia mengajak warga harus membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan tidak tercemar. “Apalagi sampah atau limbah berbahaya seperti limbah B3, ini bisa memberikan dampak buruk bagi manusia,“ ujarnya.

Baca Juga:  DLH Kabupaten Teluk Wondama Gandeng UGM Gelar Diksar AMDAL

Banjir bandang pada Oktober 2010 itu meluluhlantakan Wasior, ibu kota kabupaten Teluk Wondama. Ratusan jiwa melayang dalam peristiwa naas tersebut.

Meski demikian, hingga kini penyebab banjir masih jadi perdebatan. Pada 2013, banjir serupa dengan skala yang lebih kecil terjadi kembali. Material berupa bongkahan batu dan batang pohon hanyut terbawa arus banjir.
Sebagian besar pendapat menyimpulkan musibah banjir tersebut diyakini terjadi akibat adanya penurunan daya dukung lingkungan di sekitar kawasan cagar alam pegungunan Wondiboi.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!