Portal Berita Papua Barat

Sepakati 4 Perda Baru, DPRD Dan Pemda Wondama Diminta Konsisten

0 40
DPRD Dan Pemda Wondama Sepakati 4 Perda Baru

Wasior, Papuabaratoke.comSepakati 4 Perda Baru Ketua DPRD Teluk Wondama, Kuro Matani, mengajak semua pihak, terutama eksekutif dan legislaif, giat bekerja dan serius demi mewujudkan pembangunan maksimal di daerah tersebut.

Ia menegaskan, maju tidaknya Teluk Wondama bukan ditentukan kecanggihan Perda maupun berapa banyak produk hukum yang dihasilkan.

“Lebih pada konsistensi jajaran eksekutif dan legislatif untuk menjalankan semua Perda yang sudah disepakati bersama,” ujarnya, Kamis (7/9/2017).

Sepakati 4 Perda Baru

Hal ini diungkapnya menyusul telah ditetapkannya 4 Perda dari 5 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif DPRD, Selasa (5/9/2017) lalu, saat Sidang Paripurna Non APBD Tahun 2017.

Keempat produk hukum daerah yang baru adalah Perda tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Kampung, Perda tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat kampung serta Perda tentang Badan Musyawarah Kampung. Juga Perda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Teluk Wondama.

Penetapan 4 Raperda inisiatif DPRD menjadi Perda baru tersebut, dilakukan setelah anggota dewan mendengar pendapat akhir Bupati Bernadus A. Imburi, yang dibacakan Wakil Bupati Paulus Indubri.
Sementara, satu Ranperda inisiatif DPRD lainnya, Raperda tentang Perencanaan, Pelaksanaan Pembangunan dan Pemanfaatan serta Pendayagunaan Kawasan Perkampungan, ditangguhkan.

Alasannya, Ranperda tentang Rencana detail Tata Ruang Kota dan Raperda tentang Tata Ruang Kawasan Strategis, yang menjadi acuan dalam penataaan kawasan perkampungan belum rampung.

Wabup meminta OPD Teknis segera menyelesaikan kedua Ranperda tersebut agar secepatnya diajukan ke DPRD dan disidangkan.
“Raperda yang ditangguhkan ini menjadi prioritas untuk masuk dalam Prolegda 2018 dan disidangkan dalam tahun sidang 2018,” terangnya. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com