Portal Berita Papua Barat

Serentak Di Empat Lokasi, IBI Wondama Gelar Pemeriksaan IVA

0 26

Wasior, Papuabaratoke.com – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Teluk Wondama, melakukan pemeriksaan Inveksi Visual Asam Asetat (IVA), guna mendeteksi gejala Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim.

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang menempati urutan kedua terbanyak diderita kaum perempuan di Dunia, termasuk di Indonesia.

Pemeriksaan IVA dilakukan secara bersamaan pada empat lokasi berbeda, yakni RSUD Teluk Wondama di Manggurai, Puskesmas Wasior, Puskesmas Wondiboi dan Puskesmas Aisandami Distrik Teluk Duairi.

“Pemeriksaan IVA ini perlu dilakukan  karena sudah ada beberapa kasus kematian akibat kanker leher rahim atau serviks (di Wondama). Pada umumnya pasien datang sudah pada stadium lanjut, padahal kanker servik bisa dicegah dengan pemeriksaan IVA,” jelas Rita Silambi, ketua panitia.

Pemeriksaan IVA secara rutin dapat mendeteksi gejala awal benih kanker serviks. Dengan demikian, pengobatan dilakukan secara dini pula untuk menghindari  penderita dari resiko kematian.

“Harapan IBI, kita bisa meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan Wondama,”

Bupati Teluk Wondama, Bernadus A.Imburi menambahkan,  IBI Teluk Wondama harus menjadi pelopor pelayanan medis yang berkualitas hingga ke kampung-kampung.

Sesuai tema HUT IBI, ‘Liberalisasi Pelayanan Medis’, Imburi menekankan pentingnya peran bidan dalam mengangkat derajat kesehatan masyarakat Wondama.

“Liberalisasi itu artinya pelayanan tanpa batas, tidak melihat dia siapa dan dari mana. Jadi berikan pelayanan kepada siapa saja,” pesan bupati.

Kegiatan ini menandai HUT IBI ke-66 ini yang juga dihadiri Wakil Ketua I DPRD Remran Sinadia, serta undangan lainnya.(VIO/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com