Portal Berita Papua Barat

Warga Eks Korban Banjir Bandang Wasior Pertanyakan Sertifikat Kepemilikan Huntap

0 36
Eks Korban Banjir Bandang Wasior
Eks Korban Banjir Bandang Wasior – Penjelasan Kepala Distrik Wasior Alex Marani (berdiri) terkait Sertifikat Tanah Kompleks Hunian Tetap Korban Banjir Bandang Wasior. (Foto : Vio/PBOKe)
Wasior, Papuabaratoke.com – Eks Korban Banjir Bandang Wasior.  Status kepemilikan hunian tetap (Huntap) oleh warga eks korban banjir bandang Wasior, hingga kini belum jelas.

Meski telah menempati huntap sejak 2011-2012, hingga kini warga eks korban banjir belum mendapatkan sertifikat hak miliki sebagai jaminan kepemilikan atas huntap yang dibangun oleh pemerintah.

“Kami juga belum tahu berapa luas tanah yang kami punya,“ ungkap salah seorang warga eks korban banjir Emanuel Rumatrai pada acara Penyuluhan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang digelar Kantor Badan Pertanahan Nasional Teluk Wondama di Kantor Kampung Iriati, Rabu (22/3/2018).

Emanuel Rumatrai adalah koordinator warga eks korban banjir bandang yang menempati huntap I di Wasior. Para eks korban benacana ini berharap tanah lokasi huntap juga bisa didaftarkan sebagai penerima sertifikat melalui program PTSL.

Baca Juga:  Tak Lagi Trauma Banjir Bandang, Warga Wasior Tatap Hidup Kedepan

Melalui program PTSL, BPN Teluk Wondama bakal menerbitkan sertifikat gratis untuk 1.350 bidang tanah di Kampung Iriati, Distrik Wasior. Sedikitnya terdapat 7 lokasi huntap untuk eks korban banjir bandang 4 Oktober 2010 silam.

“Pemerintah daerah harus bentuk tim dan lakukan pendataan dengan baik, siapa-siapa yang tinggal di huntap supaya bisa dibuatkan sertifikatnya,” tuturnya.

Kepala Distrik Wasior Anthonius Alex Marani mengakui jika selama ini belum ada sertifikat tanah yang diberikan kepada warga eks korban banjir bandang yang menghuni huntap.

“Yang ada hanyalah berita acara penyerahan rumah. Belum ada sertifikat karena belum ada hibah dari Pemda. Dan sampai sekarang ini kami di distrik juga belum punya data penghuni huntap. Kami akan data dulu supaya jelas siapa. Karena sekarang sudah banyak rumah yang dijual,“ terang Alex.

Penulis : Vio
Editor : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com