Portal Berita Papua Barat

Warga Kampung Sobei Sulit Pasarkan Hasil Pertanian

0 9

Wasior, Papuabaratoke.com – Warga Kampung Sobei Warayaru, Distrik Teluk Duairi, sejauh ini sulit memasarkan hasil pertanian ke kota Wasior. Pasalnya, belum ada angkutan pedesaan yang secara reguler melayani rute Wasior-Sobei.

Selama ini warga setempat hanya mengandalkan mobil milik pribadi yang difungsikan sebagai angkutan pedesaan. Akibatnya ketika sedang berhalangan, warga tidak bisa membawa hasil kebun mereka ke pasar di Wasior.
Padahal sebagai desa transmigrasi, warga berharap setiap hari bisa menjual hasil panen ke pasar guna memenuhi kebutuhan hidup.

Kepala Kampung Sobei Warayaru, David Marani, mengaku usulan pengadaan angkutan pedesaan Wasior-Sobei sudah sejak lama diajukan ke Pemkab. Bahkan hal tersebut menjadi salah satu program prioritas yang disepakati semua warga dalam Musrenbang kampung 2016 lalu.

“Kita usul ke Dinas Perhubungan. Saya sudah lihat berkasnya (belanja) ada di (APBD) 2017 ini. Tapi kami sudah tanyakan tapi mereka katakan belum ada, “ kata Marani, Senin (31 Juli 2017).
Jika belum bisa terelisasi dalam APBD 2017, dia berharap usulan tersebut bisa diakomodir dalam APBD 2018.
“Kami sangat membutuhkan angkutan karena jarak dari Sobei kesini (Wasior) jauh, jaraknya sekitar 20 KM,” pungkasnya. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!