Portal Berita Papua Barat

Wondama Kirim 5 Praja Ke IPDN Semarang

4
Wondama Kirim 5 Praja Ke IPDN
Wondama Kirim 5 Praja Ke IPDN – Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Teluk Wondama, Ujang P. Waprak
Wasior, Papuabaratoke.comWondama Kirim 5 Praja Ke IPDN. Kabupaten Teluk Wondama untuk pertama kali meloloskan 5 lulusan SLTA menjadi calon praja IPDN. Kelimanya terdiri ata 4 orang laki-laki dan 1 perempuan, yang saat ini mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) di Semarang.

“Ini kebanggaan bagi Wondama karena selama ini jatah praja IPDN kita hanya satu atau dua orang saja,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat, Ujang P. Waprak, usai pembukaan Raker GKII di Iriati, Kamis (5/10/2017).
Dari kelima calon praja itu, 2 diantaranya merupakan lolos murni hasil seleksi secara online, sementara 3 orang lainnya merupakan jatah jalur affirmasi untuk anak asli Papua.

“Jadi ada 4 orang putera/i asli Wondama dan 1 yang bukan, tapi dia adalah penduduk Wondama,” akunya.
Dijelaskan, penjaringan calon praja IPDN dilakukan melalui tes secara online dengan sistim CAT. Proses seleksi mulai dari tes kemampuandasar, psikotes, tes kesehatan hingga pantohir diselenggarakan oleh tim dari IPDN sendiri.

“Tidak ada sistim jatah-jatahan seperti dulu lagi. Semua melalui seleksi oleh tim dari IPDN sendiri,” papar Ujang.
Dengan pola seleksi terbuka itu, diharapkan akan lebih banyak putera dan puteri asli Wondama yang nantinya masuk perguruan tinggi yang mencetak calon pamong itu.

“Ada dua kekurangan kita, yaitu kemampuan menggunakan komputer dan psikotes. Tahun depan, satu bulan sebelum dilakukan tes, siswa yang mau ikut seleksi IPDN akan disiapkan,” kata Ujang. Ditambahkan, persiapan yang dilakukan mulai dari cara penggunaan komputer, termasuk psikotes. Mantan pejabat di Pemkab Puncak Jaya ini yakin Kabupaten Wondama mampu menyumbang peserta IPDN tahun-tahun mendatang. (VIO/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!