Portal Berita Papua Barat

Ziarah Laut dan Taptu Awali HUT Kemerdekaan RI di Wondama

1

Wasior, Papuabaratoke.com – Ziarah Laut, dirangkai upacara Taptu Rabu (16 Agustus 2017) petang, menjadi pembuka rangkaian upacara dalam rangka peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 di Kabupaten Teluk Wondama.

Ziarah laut dilaksanakan di dermaga pelabuhan Wasior. Wakil Bupati Paulus Indubri, bertindak sebagai Inspektur Upacara, dengan Ipda Herli I, selaku komandan upacara.
Upacara ziarah laut ditandai dengan penaburan bunga ke laut untuk menghormati arwah para pahlawan. Ini dilakukan karena Teluk Wondama sampai sekarang belum memiliki Taman Makam Pahlawan (TMP).

Sementara, upacara Taptu yang diisi dengan pawai obor bersama di halaman terminal penumpang pelabuhan Wasior, digelar pukul 17.30 WIT. Kegiatan ini diikuti ratusan peserta dari pelajar, personil TNI/Polri serta anggota Pramuka. Prosei pawai obor di mulai dari halaman pelabuhan kemudian mengitari Jalan Topai hingga kawasan Pasar Soyar dan kembali ke garis start.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi, Wakil Bupati Paulus Indubri serta sejumlah besar pimpinan OPD, anggota DPRD dan pejabat terkait lainnya. Ketua DPRD Kuro Matani bertindak sebagai inspektur upacara.

Adapun upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 dilaksanakan Kamis pagi pukul 09.00 WIT di lapangan upacara Kantor Bupati di Isei.
Bupati Bernadus Imburi dijadwalkan menjadi Inspektur Upacara. Sementara untuk Aubade atau upacara penurunan bendera, Wakil Bupati Paulus Indubri, ditunjuk menjadi Irup. (VIO/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!