Portal Berita Papua Barat

DOB Di Papua Barat Masuk 3 Cluster, Mervin: Tunggu Presiden Cabut Moratorium

7
DOB Di Papua Barat Masuk 3 Cluster
DOB Di Papua Barat Masuk 3 Cluster – Anggota DPD RI Perwakilan Papua Barat Mervin S. Komber
Manokwari, Papuabaratoke.comDOB Di Papua Barat Masuk 3 Cluster. Presiden RI, Ir.Hj Joko Widodo, belum lama ini menegaskan Moratorium Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) belum dicabut. Moratorium ini dikeluarkan pemerintah pusat karena penilain terhadap sejumlah DOB yang belum mampu mandiri.

Anggota DPD RI Perwakilan Papua Barat Mervin S. Komber, menilai pemberlakuan moratorium bukan langkah yang tepat. Meski demikian, tim daerah yang mendorong pemekaran, tetap bekerja mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Melalui rilisnya kepada PBOke, Selasa (10/10/2017), Mervin menyebut DOB merupakan jawaban untuk mempersingkat kerja wilayah antara pusat dan daerah.

“Ada peluang Presiden membuka moratorium terbatas bagi daerah-daerah yang memang aksesnya sulit dan calon DOB di Papua Barat masuk dalam kategori itu,” ujarnya. Ketua Badan Kehormatan DPD RI ini mengingatkan
tim pemekaran masing-masing calon DOB untuk melengkapi draft maupun berkas. Selain itu, komunikasi intens dengan DPR maupun DPD juga dilakukan.

Sejauh ini, cluster pertama terdapat 65 calon DOB, cluster kedua 22 dan 18 calon DOB untuk cluster ketiga di seluruh Indonesia. Setiap cluster memiliki calon DOB yang berasal dari Papua Barat.
“Kita menunggu, karena beberapa kali meminta Moratorium bisa dibuka, namun semua kembali pada Presiden. Jika dibuka, DOB yang siap yang akan masuk prioritas,” papar Mervin. Ditambahkan, terdapat beberapa kabupaten yang RUU-nya telah dibahas hingga tingkat DPR, diantaranya Immeko, Kokas, Moskona, Maybrat Sau, Manokwari Barat dan lainnya. (*1/Pboke)

Comments
error: Content is protected !!