Portal Berita Papua Barat

DPR PB, Kondjol : Jika Memang Ada Anggota Saya Diduga Terlibat, Silahkan JPU Buktikan

0 219
DPR PB
DPR PB – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPR- PB) Pieters Kondjol.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – DPR PB.  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPR- PB) Pieters Kondjol menegaskan, terkait adanya dugaan keterlibatan salah satu oknum anggota DPR-PB dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan sirkuit motor prix, di SP 6 jalur 13, Kampung Bowi Subur, Distrik Masni Kabupaten Manokwari, tak akan mengintervensi dan mendukung penuh proses hukum tersebut.

“Proses hukum yang sementara ini berjalan dan telah sampai ke persidangan dengan mendengar pernyataan para saksi, kita yakini dan sebagai Ketua DPR PB saya himbau kepada masyarakat, biarlah mekanisme fakta persidangan yang menjawab. Dan jikalau memang ada dugaan keterlibatan anggota saya, silahkan JPU buktikan itu dan jangan ditutupi,” kata Pieters Kondjol kepada Papuabaratoke.com, Kamis (15/2/2018).

Kondjol menuturkan, jika kemudian dugaan keterlibatan Oknum anggota DPRPB dalam kasus tersebut, sebagai pimpinan tak akan menlindungi dan mempercayakan proses ini pada penegak hukum.

“Kalau pun ada oknum anggota DPR-PB terlibat (Dalam kasus dugaan korupsi) ini, saya sebagai ketua DPR-PB, mepersilahkan penegak hukum mengecek dan menyidik. Kita hormati proses hukum dan hormati juga asas praduga tak bersalah. Sehingga jangan ada yang terkesan ditutup-tutupi yang dapat mencoreng kelembagaan DPR-PB,” tukasnya.

Selain itu, Kondjol menegaskan, dirinya selaku pimpinan DPR-PB, tak pernah menerima usulan dan masukan terkait program aspirasi dewan ihwal pengadaan lahan sirkuit tersebut.

“Kalau untuk aspirasi ini, sejak pembahasan anggaran terkait pengadaan lahan sirkuit, saya tidak tahu mekanismenya diusulkan melalui mana? Karena tidak pernah ada dalam pembahasan. Kalau pun ada, saya tidak tahu itu. Kita serahkan saja ke penegak hukum memproses hal ini,” ucap Kondjol.

Selaku pimpinan DPR-PB, Kondjol berharap agar kiranya fakta-fakta persidangan dalam kasus yang mnjadikan SE dan JZA sebagai terdakwa ini, dapat menjadi pertimbangan keadilan bagi para penegak hukum dalam memberi kepastian hukum.

Baca Juga:  Gali Informasi Penerimaan Calon Anggota Polri, DPR PB Bakal Panggil Kapolda
Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com