Portal Berita Papua Barat

Ketua DPR PB Sebut 10 Nama Calon Anggota MRP PB Masuk Litsus

0 20
10 Nama Calon Anggota MRP PB Masuk Litsus
10 Nama Calon Anggota MRP PB Masuk Litsus – Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol.(Photo: ARF/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com10 Nama Calon Anggota MRP PB Masuk Litsus. Ketua DPR Papua Barat (DPR PB) Pieters Kondjol, Kamis (5/10/2017) mengatakan, sedang dilakukan penelitian khusus (listsus) terhadap 10 calon anggota Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRP PB) periode 2017-2022.

“Proses pemilihan MRP PB sudah 99 persen, satu persen tinggal tunggu SK saja. Saya sempat tanyakan kepada gubernur soal keterlambatan penetapan SK ke 42 anggota MRP PB, itu jawaban yang disampaikan bahwa 10 calon anggota perlu dilakukan litsus sehingga ini yang mengakibatkan keterlambatan,” ujar Kondjol.

Diakuinya, litsus dimaksud belum diketahui secara pasti. Hanya sebatas informasi lisan saja yang diterima. “Sepuluh nama dari 42 orang yang dinyatakan lulus dan punya latar belakang tertentu, saya tidak tahu latarbelakang seperti apa sehingga mereka dilitsus,” tuturnya.

Kondjol mengemukakan, litsus dimaksud merupakan kewenangan negara dalam rangka menghadirkan pemimpin-pemimpin lembaga kultur di Papua Barat yang berkompeten. “Saya berharap di bawah tanggal 15 Oktober SK sudah ada sehingga dalam waktu satu minggu ke depan sudah bisa diadakan pelantikan,” terangnya.

Kehadiran lembaga MRP PB sangat dibutuhkan dalam penyelengaraan pemerintahan di daerah ini. Sebab, rekomendasi dan persetujuan MRP PB dibutuhkan pada usulan rancangan peraturan daerah khusus (Raperdasus) yang diajukan baik oleh pemerintah daerah maupun DPR PB sebelum ditetapkan menjadi peraturan daerah.

“DPR PB tidak bisa tetapkan perdasus karena belum ada MRP PB. Kita beharap cepat sehingga ada kurang lebih 3-4 perdasus yakni, perdasus tenaga kerja, perdasus masyarakat adat, dan perdasus provinsi konservasi. Kita berharap bisa cepat ditetapkan sehingga kita bisa tetapkan perdasus di akhir tahun anggaran ini,” pungkasnya. (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!