Portal Berita Papua Barat

Kisah Penyelamatan Kapten Wargono Hipnotis Ratusan Peserta Upacara di Wondama

0 27

Wasior, Papuabaratoke.comUpacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 Kabupaten Teluk Wondama, dipusatkan di Lapangan Apel Perkantoran Pemkab di Isei, Kamis (17 Agustus 2017).

Peserta upacara sempat diam dan tertegun saat menyaksikan drama singkat menceritakan bagaimana penyelamatan yang dilakukan masyarakat asli Wondama, terhadap Kapten Wargono, prajurit TNI yang terluka akibat parasutnya tersangkut pohon.

Kisah ini menceritakan kembali kejadian yang terjadi Tahun 1962, saat pembebasan Irian Barat. Kapten Wargono, bergabung bersama prajurit lain saat mereka terjun ke Papua.

Bupati Bernadus Imburi, bertindak sebagai inspektur upacara, dengan AKP Rusman Latief, Kapolsek Wasior, sebagai komandan upacara. Sementara, Ketua DPRD Kuro Matani, membacakan teks Proklamasi.

Pasukan pengibar bendera pusaka yang dipimpin Ipda Richard Marani, menjalankan tugas dengan sempurna, meskipun lapangan upacara dalam kondisi becek akibat hujan.

Nesra Imburi, siswi SMAN 01 Wondama tampil sebagai pembawa baki. Puteri pasangan Oktovianus Imburi dan Welmina Imburi ini, dengan langkah pasti menaiki tangga untuk menerima Sang Merah Putih dari tangan Bupati Bernadus Imburi.

Demikian pula Mikael Walelang, Erik Sam Waropen dan Kristian Ley yang bertindak sebagai penggerek, pembentang dan penarik bendera juga menuntaskan pekerjaan dengan baik. Sang Merah Putih akhirnya berkibar dengan gagah di tiang tertinggi.

Paskibraka 2017 merupakan gabungan pelajar dari 4 sekolah di kota Wasior yakni SMAN 01 Wondama, SMK Tandia, SMA Kaibi dan SMK Perikanan Dotir. Mereka telah melewati pembinaan selama lebih kurang 25 hari oleh tim pelatih dari Polres Teluk Wondama dan Koramil Wasior.

Bupati mengaku senang dan bangga karena antusiasme masyarakat dalam menyambut HUT Kemerdekaan ke-72 cukup tinggi.

“Ini menunjukkan kesadaran rakyat untuk memaknai kemerdekaan sudah bagus,” ujar Imburi.
Orang nomor satu Pemkab Wondama ini juga mengaku bangga dengan penampilan Paskibra. Dia pun mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam mempersiapkan Paskibraka 2017.

Baca Juga:  Taptu, Tradisi Sambut Kemerdekaan Yang Sederhana Nan Meriah

“Saya katakan mereka tampil sempurna, sangat baik,” ujar mantan Kepala Biro Perlengkapan Setda Provinsi Papua Barat ini.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 juga dimeriahkan dengan beragam atraksi antara lain, parade anak nusantara yang tampil dengan pakaian adat dari berbagai daerah, atraksi marching band Tabura dari SMAN 01 Wondama serta tarian Yospan yang dibawakan oleh grup pemenang lomba Yospan yang telah digelar sebelumnya.(VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com