Portal Berita Papua Barat

Legislator DPRPB : Permudah Penyaluran Bantuan Pendidikan dan Kesehatan

0 22
Bantuan Pendidikan dan Kesehatan
Bantuan Pendidikan dan Kesehatan – Anggota DPR Papua Barat, Jhon Asmuruf.(Foto: Razid/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Bantuan Pendidikan dan Kesehatan. Pembagian dana otonomi khusus dengan prosentasi 90 persen dikelola oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, 10 persen dikelola oleh Pemerintah Provinsi. Masih sebatas wacana. Wacana yang didorong melalui kebijakan gubernur – wakil gubernur pasangan – Dominggus Mandacan dan Mohammad Lakotani ini, mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat. Ini terlihat dari aspirasi sebagian masyarakat Kabupaten Sorong Selatan.

Anggota DPR Papua Barat (DPR PB), Jhon Asmuruf, Jumat (15/12/2017) mengatakan, masyarakat menghendaki realisasi dana Otsus harus tepat sasaran dan tepat guna. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus).
“Saat melakukan kegiatan dewan di Distrik Salma dan Distrik Haur, Kabupaten Sorong Selatan, masyarakat sampaikan kepada kami, kalau bisa pembagian dana otsus dengan 90 : 10 ini realisasinya dipermudah terutama bantuan pendidikan dan kesehatan,” kata Jhon.

Dicontohkan, dana pendidikan dan kesehatan sesuai perintah UU Otsus, adalah 30 persen untuk pendidikan dan 15 persen untuk kesehatan. Alokasi ini harus disalurkan ke OPD terkait. Sehingga, penyusunan program dan kegiatan benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat.

“Contohnya, masalah pendidikan di mana sebagian anak-anak dari kabupaten Sorong Selatan yang bersekolah di yayasan Surya, dana yang dialokasikan ke dinas pendidikan kurang sehingga banyak yang tidak bisa menyelesaikan pendidikan dengan baik,” ucap Jhon – yang mengaku beberapa waktu lalu melakukan sosialisasi perundang-undangan di daerah Sorong Selatan.

Penulis : Razid
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com