Portal Berita Papua Barat

Program Perencanaan Idealnya Terakomodir Dalam APBD Induk

0 23
APBD Induk
APBD Induk – Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Manokwari, Romer Tapilatu.(Foto: Razid/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – APBD Induk. Pemerintah Daerah perlu memperhatikan pelaksanaan program-program pembangunan terutama yang bersifat perencanaan. Idealnya, semua program perencanaan harus terakomodir di dalam APBD perubahan.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Manokwari, Romer Tapilatu mengatakan, Senin (18/12/2017), periode mendatang, pemda perlu melihat penganggaran program kegiatan yang masih bersifat perencanaan.
“Proses perencanaan itu baiknya ditetapkan dalam APBD perubahan. Misalnya, program perencanaan 2018, itu sudah harus ditetapkan pada APBD perubahan 2017,” katanya.

Kata dia, proses ini dimaksudkan supaya perencanaan berjalan dengan baik. Sehingga tidak memakan waktu yang panjang. “Ini perlu diperhatikan ke depan,” ujar Romer.
Dikatakan, perencanaan yang terakomodir lebih awal, pelaksanaan kegiatannya akan jauh lebih efektif. Dengan demikian, target dan capaian pemerintah daerah dapat terukur.

“Kita berharap, APBD induk sudah tidak membiayai kegiatan-kegiatan yang bersifat perencanaan tetapi langsung kegiatan fisiknya yang dibiayai, sehingga manfaatkanya dirasakan maksimal oleh masyarakat,” ujar Romer.

Penulis : Razid
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!