Portal Berita Papua Barat

Senator Papua Barat Ingatkan HMI Harus Inklusif, Bukan Ekslusif

0 4

Manokwari, Papuabaratoke.com – Salah satu motivasi dasar berdirinya HMI adalah untuk membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Anggota HMI sebagai komponen generasi muda bangsa, wajib memupuk dan mengembangkan sikap saling menghormati dan menghargai antar sesama dalam semangat kodrat kebhinekaan.

Anggota DPD RI Dapil Papua Barat, Chaidir DJafar SE, M.Si, menekankan generasi muda harus bersikap Inklusif dan tidak bersikap ekslusif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Anggota HMI sebagai kader umat dan kader bangsa mempunyai tanggungjawab historis dan konstitusional untuk mengawal eksistensi NKRI,” ujarnya, Jumat (4 Agustus 2017).

Dalam merespon dinamika bangsa saat ini, mahasiswa dituntut bersikap kritis namun harus objektif agar tidak mudah dihasut oleh paham dan aliran yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Termasuk tidak untuk menciderai prinsip-prinsip NKRI dan kebhinekaan.

Menurutnya, Negara menjamin kebebasan setiap warga Negara untuk berhimpun, berserikat dan menyampaikan aspirasi. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Perpu Nomor 2 Tahun 2017.
“Kebebasan yang dimaksud mesti berproses dalam konteks NKRI. Karena itu perlu dikelolah berdasarkan ketentuan UU,” bebernya

Mantan aktivis mahasiswa era 80-an ini menilai langkah hukum lebih elegan jika ada pihak yang memiliki pandangan lain untuk mencari keadilan dan menghindari kegaduhan.

“Jangan benturkan Agama dan Pancasila, sebab prinsip religionitas yang terkandung dalam Pancasila sejatinya telah menempatkan setiap penganut Agama pada posisi yang mulai,” pesannya. (ARN/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!