Portal Berita Papua Barat

Wow, Sekda Waropen Dijabat Dua Orang

0 20
Foto Dorus Wakum

Manokwari, Papuabaratoke.com – DPRD Kabupaten Waropen, Provinsi Papua, merasa heran dengan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) yang dipegang dua orang.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Waropen, Dorus Wakum, heran dengan kondisi ini. dimana, jabatan Sekda dipegang Tonny Woisiri dan Melianus Aiwui.
“Secara defacto (fakta) dipegang Tonny Woisiri, yang adalah Asisten I Setda Waropen hanyalah (Plt). Sementara dejure (hukum), dijabat Melianus Aiwui berdasakan SK Gubernur Papua, namun yang bersangkutan saat itu sekolah dan sudah kembali,” tulis Dorus melalui rilisnya kepada PBOke, Senin (28 Agsutus 2017).

Dorus meminta Bupati Waropen, Yermias Bisay, SH, mengambil keputusan tegas terkait jabatan Sekda saat ini. Ia mendesak agar ada penjelasan, apakah jabatan Sekda dijabat Melianus Aiwuis, sesuai SK Gubernur Papua atau Plt Tonny Woisiri sesuai SK bupati.
“Aneh dan dianggap tidak paham tentang sistem pemerintahan. Ini diduga turut mendukung kejahatan pemerintahan selama ini. Komisi I DPRD juga menduga ada unsur kepentingan politik soal jabatan Sekda Waropen,” bebernya.

Dorus menilai kondisi ini merupakan sejarah kepincangan dan ketidak-patuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku. Lantaran jabatan ini, Pemda Waropen tidak memiliki Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun 2017. Apalagi, jabatan Sekda merupakan jabatan karir pemerintahan, bukan jabatan politik.

Ketua Fraksi Merah Putih DPRD Waropen ini, berharap Bupati segera menyelesaikan masalah ini agar
pelayanan pemerintahan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.
“APBD Perubahan kami akan menolak, sebab jangan sampai kami terjebak dengan masalah hukum. Jika persoalan ini tidak diselesaikan, kami akan sampaikan kepada Pemprov Papua hingga Mendargi, karena di Waropen terdapat dua jabatan sekda,” tegas Wakum. (ARN/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!