Portal Berita Papua Barat

Yan Yoteni: MRPB Lembaga Kultur yang ‘Nasionalis’

0 29
MRPB Lembaga Kultur
MRPB Lembaga Kultur – Ketua fraksi otsus DPR Papua Barat, Yan Anton Yoteni. (Foto : Razid Fatahuddin/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – MRPB Lembaga Kultur.  Kehadiran Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRPB). Dinilai cukup berhasil dalam mengakomodir semua perbedaan antara masyarakat (asli) Papua dengan masyarakat pendatang.

Ketua fraksi otsus DPR Papua Barat Yan Anton Yoteni mengatakan, MRPB sebagai lembaga kultur telah mampu memberikan pertimbangan-pertimbangan lahirnya peraturan daerah khusus (Perdasus) yang pro terhadap orang asli Papua.

“MRPB sebagai lembaga kultur yang telah berhasil dan sangat nasionalis dalam mengakomodir semua perbedaan kultur yang ada di tempat ini. Makan dari hasil alam yang sama, minum dari air yang sama. Itulah keberhasilan MRPB,” kata Yoteni, Rabu (21/3/2018).

Dikatakan, persoalan yang dihadapi lembaga kultur ini tentu harus membawa kematangan. Selain itu, ungkap Yoteni, koreksi dan sorotan terhadap lembaga representatif orang asli Papua ini harus diterima sebagai sebuah upaya untuk ke arah yang lebih baik lagi.

Baca Juga:  Yoteni: Mulai Dari Regulasi dan Rekrutmen MRPB Penuh Tanda Tanya

“Jika dibandingkan antara persoalan dengan keberhasilan tentu MRPB telah cukup berhasil. Lebih banyak keberhasilannya,” ujarnya.

Dijelaskan, bentuk pemerintahan otonomi khusus di tanah Papua (Papua dan Papua Barat) mengenal tiga penyelenggara pemerintahan. Yakni, gubernur-wakil gubernur (harus) orang asli Papua, lembaga kultur MRPB, dan keterwakilan masyarakat adat (fraksi otsus) di DPR Papua Barat.

“Sebagai lembaga representatif, MRPB tidak boleh goyah hanya karena diterpa berbagai persoalan. MRPB harus tetap kuat,” pungkasnya.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!